Investasi Riil dan Finansial, Mana Yang Terbaik??

Investasi Rill vs Investasi Finansial
Rill vs Finansial
Melanjutkan dari postingan sebelumnya mengenai Jenis-jenis Investasi, Investasi Manakah yang terbaik??

Salah satu pertimbangan adalah faktor likuiditasnya. Jika dikatakan saat ini properti yang terbaik, jawabannya tidak juga karena likuiditasnya kurang. Namun sebaiknya investasi yang kita lakukan harus dibagi. Dalam artian, alokasikan sebagian dana untuk investasi riil, dan sebagian lagi untuk finansial. Misalnya bisa kita alokasikan sebagai berikut: 50 % untuk investasi emas & properti dan sisanya 50 % untuk deposito, saham. Hal ini juga untuk meminimalisir yang disebut sebagai risiko investasi. Misalnya, kita hanya fokus melakukan investasi emas saja tanpa alokasi dana ke yang lainnya. Kita harus mengajukan pertanyaan, apakah emas nilainya pasti naik?
Jika ekonomi Amerika mengalami peningkatan dan seandainya ditemukan tambang emas baru dalam jumlah besar sehingga cadangan emas menjadi sangat besar? Nilainya pasti ada kemungkinan untuk turun.


Kemudian ada pertanyaan lagi, gimana caranya investasi? kayanya duit saya habis melulu... Nah, kalau ada pertanyaan seperti itu, solusinya adalah kedisiplinan :). Jangan melakukan investasi di akhir setelah ada sisa uang tapi lakukanlah di awal karena kalau kita lakukan di akhir biasanya tidak akan ada sisa uang! Misalnya kita sebagai karyawan menerima gaji tanggal 25, segera alokasikan untuk investasi. Jumlah yang disarankan dari total pendapatan atau gaji adalah minimal 30%. Dari jumlah tersebut baru kemudian alokasikan untuk aset riil dan finansial. Jangan lupa, karena investasi ini sifatnya jangka panjang jangan buru-buru mencairkan investasi, apalagi untuk keperluan konsumtif. Lebih baik lagi jika diakumulasikan sehingga nilainya akan berlipat ganda di masa yang akan datang.

Demikian postingan kali ini mengenai Mana yang terbaik, Investasi Riil atau Finansial. Sebenarnya, ada lagi jenis investasi ke-3 yang kerap dilupakan bahkan disepelekan dan tidak dianggap penting oleh kita. Investasi apakah itu?? Tunggu postingan berikutnya yah :)

1 comment: